Tempat Berita Terbaru

Sabtu, 09 Maret 2019

Cara Praktis dan Mudah Pasang kamera CCTV Sendiri


Cara Praktis dan Mudah Pasang kamera CCTV Sendiri

Teknologi yang semakin maju membuat apapun dapat kita kendalikan dengan mudah. Dengan pasang kamera CCTV di rumah memungkinkan keamanan rumah akan terjaga. Modelnya yang praktis menjadikan benda satu ini disarankan dipasang di rumah Anda.
Berikut diantaranya cara praktis dan mudah pasang kamera CCTV sendiri :
1.      Pilih CCTV Sesuai Kebutuhan
Dalam melakukan pemasangan kamera CCTV ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal pertama yang tentunya menjadi sorotan adalah bagaimana pemilihan kamera CCTV yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Di pasaran memang banyak jenis dan merek kamera CCTV yang dapat kita temukan dengan berbagai macam spesifikasi yang berbeda-beda tentunya. Sebut saja CCTV lens angle yang sifatnya lebih mengutamakan pada hasil rekaman lensa. Ada pula vari vocal lens yang lensa fokusnya dapat kita ubah dan sesuaikan menjadi wide atau narrow.

Pada dasarnya tujuan awal dari pemasangan CCTV adalah untuk menjaga keamanan rumah, sehingga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan maupun budget yang Anda miliki. Selain itu, jangan hanya melirik pada harga dan merek sehingga lupa akan tujuan pemasangan CCTV ini, Klik Disini Info lebih lengkap jp cctv

2.      Perhatikan Tata Letak Pemasangan
Memasang kamera CCTV ini berarti melakukan pemantauan secara diam-diam untuk tempat-tempat tertentu yang sekiranya memang vital dan sulit untuk dijangkau. Tidak lupa juga menyesuaikan dengan jenis CCTV yang akan digunakan sehingga dapat dengan mudah pemasangannya.

Tata letak pemasangan menjadi hal yang penting ketika akan melakukan pemasangan. Pasalnya, letak tersebut akan sangat berpengaruh bagaimana nantinya area yang akan terekam kamera sehingga jangan sampai kehadiran kamera pengintai ini membuat sudut atau area vital menjadi tidak terjangkau.

3.      Sesuaikan Dengan Karakteristik CCTV
Karakteristik kamera juga berpengaruh dalam pemasangan. Hal ini karena semisal kamera yang akan kita gunakan merupakan jenis outdoor maka dapat kita sesuaikan letak strategisnya agar dapat dengan efektif berfungsi sebagaimana mestinya.

Apalagi untuk kamera outdoor, mungkin saja dapat kita tambahkan pelindung dari paparan sinar matahari dan air hujan agar awet dan tidak mudah rusak.

4.      Siapkan Perlengkapan
Ketika akan memasang kamera CCTV ada beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran pemasangan dan mempermudah pemasangan.
Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan diantaranya adalah :
a.         Monitor CCTV
Perlengkapan pertama ini akan digunakan untuk instalasi CCTV kamera dan sebagai tampilan visualnya.
b.         DVR (Digital Video Recorder)
DVR memiliki fungsi menyimpan data visual untuk direkam yang dapat diubah menjadi video yang nantinya dapat ditampilkan di televisi atau monitor.
c.         Kamera CCTV itu sendiri
d.         Adapter dan power supply
e.         Kabel power
f.          Crimp kabel
g.         Kabel coaxial
h.         Konektor RF

5.      Mulai Memasang
Ketika perlengkapan yang dibutuhkan sudah tersedia, maka saatnya melakukan pemasangan. Mulailah dengan memasang jaringan internet dislokasi pemasangan yang tentunya support ke DVR. Selanjutnya menentukan penempatan DVR pada ruangan yang akan digunakan dengan memperhatikan sirkulasi udara yang tepat.

Untuk sistem keamanannya dapat melalui penginstalan perangkat lunak CCTV dengan menghubungkan kabel kamera CCTV menuju monitor dan DVR berada. Setelah itu, mulailah menghubungkan konektor pada DVR. Dapat pula mengkonfigurasikan untuk mengambil sinyal dan menyesuaikan kebutuhan.

Selanjutnya memasang raket pemasangan dinding dan tepat untuk penandaan sekrup yang nantinya diberi lubang melalui pengeboran untuk kawat feed kamera. Nantinya kawat kamera akan dijalankan melalui lubang dinding hingga pada monitor menggunakan klip untuk mengeratkan posisi dinding dan lantai.

Cobalah untuk menghubungkan kamera CCTV dengan sumber tegangan listrik melalui sakelar agar mudah dalam penyalaan ataupun ketika mematikannya. Usahakan sakelar tidak terjangkau oleh seseorang dan penempatan CCTV kira-kira dapat menjangaku sudut luas dengan jelas. Terakhir adalah memastikan semuanya terhubung dan dapat bekerja dengan baik.

Demikianlah sedikit cara mudah dan praktis pasang kamera CCTV sendiri. Pemasangan kamera ini tentunya harus dilakukan dengan teliti sehingga kamera dapat berfungsi optimal.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar