Tempat Berita Terbaru

Sabtu, 18 Januari 2020

6+ Cara Mujarab Obati Asam Lambung yang Naik


6+ Cara Mujarab Obati Asam Lambung yang Naik
Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau yang juga sering dikenal sebagai asam lambung merupakan suatu kondisi dimana asam lambung yang diproduksi di dalam tubuh terlalu banyak. Dalam jumlah yang cukup, asam lambung memiliki fungsi untuk mendukung sistem pencernaan, membantu menyerap vitamin B12, serta mendeteksi adanya kuman/ bakteri dalam makanan.

Akan tetapi, jika jumlahnya terlalu banyak, maka akan menyebabkan timbulnya rasa sakit pada tubuh, khususnya area lambung itu sendiri.

Gejala Asam Lambung Pada Umumnya

Ada beberapa gejala asam lambung yang sering dialami oleh penderitanya. Diantaranya adalah perut kembung, bersendawa, bau napas yang kurang sedap, sensasi seperti rasa terbakar di bagian dada atau tenggorokan, dan banyak gejala lainnya.

Saat salah satu atau beberapa gejala tersebut terjadi, berarti otot cincin lambung, yang memiliki fungsi sebagai katup untuk menjadi penahan bagi asam agar terus berada di lambung, sudah tidak berfungsi dengan baik seperti biasanya.

Cara Mengobati Asam Lambung

Jaman sudah berubah, dunia medis pun turut berkembang. Begitu juga dengan perkembangan yang ada pada obat asam lambung. Kini, mengobati penyakit asam lambung tidak melulu membutuhkan bantuan dari ahli seperti dokter, tapi Kita juga bisa menanganinya sendiri dengan mudah. Langsung saja, berikut ini adalah daftar cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit asam lambung:

1.       Mengatur Waktu Makan
Banyak orang yang masih mengangkat tinggi konsep, makan saat lapar. Hal tersebutlah yang membuat waktu makan seseorang menjadi berantakan. Seperti yang Kita ketahui, seseorang yang tidak memiliki waktu makan teratur berpotensi jauh lebih besar untuk terkena penyakit asam lambung.

Agar memudahkan Anda dalam mengatur waktu makan, Anda bisa menggunakan konsep klasik makan 3 kali sehari dengan rincian sarapan dilakukan pada range jam 6:00-8:00 pagi, makan siang pada jam 12:00-13:00 siang, dan makan malam pada jam 18:00-19:00.

2.       Mengatur Porsi Makan
Porsi makan juga harus diperhatikan dengan baik. Mengonsumsi makanan dalam jumlah besar akan membuat refluks asam lambung Anda naik, pun demikian dengan memilih untuk makan hanya saat merasa lapar. Karenanya, Anda disarankan untuk makan dengan porsi makanan yang relatif sedikit namun dengan frekuensi sering untuk menjaga asam di lambung tetap dalam kondisi yang stabil.

3.       Kurangi Makanan Berlemak
Makanan berlemak dan beberapa makanan yang dimasak dengan menggunakan santan diklaim dapat memperburuk kondisi asam lambung seseorang. Bukan tanpa alasan, makanan berlemak dan juga santan mengandung zat yang mampu memicu produksi asam di lambung lebih banyak lagi.
Sehingga akan lebih baik jika konsumsi makanan jenis ini dikurangi atau bahkan dihindari bagi penderita asam lambung.

4.       Perbanyak Minum Air Putih
Menjadi salah satu obat asam lambung yang digadang-gadang menjadi obat dari segala obat, air putih. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang relatif banyak akan membuat asam lambung turun. Faktanya adalah mengonsumsi air putih mampu menyeimbangkan kadar pH yang ada dilambung yang kemudian menyebabkan usus dapat bekerja lebih cepat.

5.       Menarik Napas Dalam-Dalam
Menarik napas dalam-dalam juga bisa menjadi salah satu obat bagi asam lambung yang mujarab. Pasalnya, dengan menarik napas dalam-dalam, otot-otot yang terletak di bawah tenggorokan akan menguat. Alhasil, potensi terjadinya asam lambung pun bisa diminimalisir.

Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah, dengan catatan jika gejala yang ditunjukkan masih dalam kadar ringan. Tapi jika kondisi asam lambung Anda semakin memburuk, Anda tetap dianjurkan untuk datang menemui dokter dan melakukan konsultasi lebih lanjut.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar