Tempat Berita Terbaru

Selasa, 16 Februari 2021

Punya Prospek Bagus, Berikut 4 Komoditi Ekspor Unggulan Indonesia

Sawit Kalimantan

Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN, Indonesia pantang ketinggalan untuk memajukan perekonomian negara. Sebagai Negara agraris, Indonesia memiliki hasil bumi yang dibutuhkan oleh Negara lain. Beberapa komoditi diekspor melalui jasa ekspor barang untuk memenuhi kebutuhan Negara tujuan. Simak ulasan komoditi unggulan Indonesia berikut.


Komoditi Andalan Indonesia


1.Kelapa Sawit

Perkebunan yang luas dan banyak tersebar diberbagai macam pulau menjadikan Indonesia mendominasi pasar kelapa sawit di dunia saat ini. Pulau Sumatera yang terkenal dengan perkebunan sawitnya tentu menjadi pengekspor terbesar di Indonesia. Minyak Kelapa sawit berguna untuk dijadikan berbagai jenis bahan kosmetik, cat, pasta gigi dan produk lainnya.

Banyaknya manfaat yang dimilikinya menjadikan sawit sebagai primadona barang ekspor Indonesia hingga saat ini. Setiap tahunnya, Indonesia kuantitas produksi Kelapa Sawit Indonesia mencapai 31 juta ton per tahun. Pada tahun 2017, produk Kelapa Sawit asal Indonesia ini menembus pasar India sebagai pengimpor tertinggi mencapai angka 2.521.


2. Kakao

Kakao adalah jenis tanaman yang tumbuh subur di lahan perkebunan Indonesia. Daerah tropis Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa menjadikan tanaman asal Amerika Selatan ini tumbuh subur dan berkembang biak. Kita dapat menjumpai banyak sekali perkebunan kakao di pulau Jawa, baik daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur yang tanahnya subur.

Kakao dapat digunakan untuk bahan utama pembuatan coklat pada umumnya. Namun dapat juga digunakan untuk pembuatan bahan dasar makanan lainnya. Pada tahun 2018, Amerika Serikat mengimpor kakao asal Indonesia dengan jumlah 147,9. Sehingga banyak sekali petaniIndonesia yang mengekspor kakao melalui jasa ekspor barang ke luar negeri.


3. Kopi

Siapa yang tidak menyukai kopi? Saat ini kopi menjadi tren di kalangan anak muda maupun orang tua. Jika dulu kopi hanya menjadi minuman para laki-laki untuk menghangatkan badan dan mencegah kantuk, saat ini kopi juga menjadi minuman kesukaan anak muda yang sangat lazim untuk ditemukan. Berbagai jenis kopi tersedia dengan varian racikan yang berbeda.

Sekarang ini kopi tidak hanya dimanfaatkan sebagai minuman saja, melainkan untuk varian rasa dalam beragam makanan kekinian. Kedai kopi sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan seluruh kota di Indonesia. Menjadi pecinta kopi adalah citra yang sangat baik saat ini, karena kopi dijadikan semacam minuman wajib untuk berbincang bersama teman-teman.

Di Indonesia sendiri, kebun kopi dapat dijumpai di berbagai pulau seperti Jawa dan Sumatera. Hal ini menjadikan kopi Indonesia sangat populer di kalangan dunia sehingga menjadi produk unggulan untuk diekspor melalui jasa ekspor barang. Pada tahun 2018, hasil produksi kopi Indonesia ini mampu menembus pasar Amerika Serikat pada angka 123.6.


4. Karet

Pohon Karet dapat kita jumpai banyak sekali di pulau Kalimantan digadang-gadang sebagai jantung dunia. Pohon karet meyerap gas buangan dan menghasilkan oksigen yang sangat banyak untuk digunakan manusia bernapas. Hasil pohon karet berupa batang dan getahnya juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan pabrik dan industri di seluruh dunia ini.

Getahnya dapat dioleh menjadi ban, isolator listrik, alas sepatu, bola karet dan berbagai jenis barang lainnya. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari hasil produksi karet. Hal ini menjadikannya produk andalan Indonesia untuk diekspor melalui jasa ekspor barang setiap tahunnya. Pada tahun 2018 tercatat angka 817,7 ekspor karet Indonesia untuk Amerika Serikat.


Demikian beberapa ulasan hasil bumi Negara kita yang diekspor karena kualitas yang bagus dan disukai oleh banyak orang di mancanegara. Semoga volume ekspor dapat terus meningkat untuk mendukung peningkatan devisa Negara. Kunjungi situs kilo.id untuk mendapatkan jasa pengiriman barang ekspor anda yang aman dan terpercaya dengan terjangkau.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar